Memulai Bisnis Online Secara Mudah

0
Memulai Bisnis Online Secara Mudah

Dengan semakin murahnya internet, murahnya gadget untuk browsing dan semakin menjamurnya jasa pengiriman barang, ini memicu orang untuk melakukan jualan secara online.

Termasuk saya juga melakukan yang sama, mencari peluang bagaimana bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis online seperti halnya toko online.

Jika anda sedang mencari penghasilan tambahan ataupun penghasilan yang memadai dari bisnis online, maka anda bisa mulai dari yang mudah dulu dan dengan modal minim.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online:

#1.  Mindset yang Benar

Ada pepatah rumput tetangga nampak hijau. Jualan online itu perlu proses, tidak bisa secara instant menghasilkan keuntungan inilah yang perlu ditanamkan dalam pikiran anda. Kenapa demikan? ya karena untuk jualan online anda butuh beberapa skill dan kesabaran. Anda harus punya koneksi internet, anda harus punya alat untuk memphoto produk yang akan anda jual, anda bisa menggunakan internet, anda harus rajin promosi, anda harus mencari barang dan anda harus mengirim barang, anda harus melayani pertanyaan customer. Sampai di situ anda sudah bisa membayangkan bukan kira-kira apa saja yang nantinya akan anda lakukan. Itu semua tidaklah sulit seperti hitugan matematika. He he he. Jadi pertama mindset bahwa jualan online bukan sim salabim jadi kaya.

#2.  Mulailah Bisnis Jualan Online.

Bisnis online ada beberapa model, ada yang menjajakan jasa, ada yang menjual barang, ada yang membuat layanan software ada media sosial dan seagainya. Kita mulai yang mudah saja yaitu menjual barang secara online.

#3.  Tentukan Barang yang Akan dijual.

Sama seperti jualan offline, jualan online juga perlu barang atau jasa, kita batasi pada jualan barang saja di sini. Saya akan membantu anda untuk menentukan apa yang dijual, yaitu juallah barang yang diproduksi atau dibuat dekat dengan tempat anda tinggal. Jadi jual barang secara online barang yang dijual dibuat di sekitar anda. Hal ini untuk mengurangi kos atau biaya pembelian ataupun transportasi.

#4. Buat website atau Gunakan Media sosial

Setelah anda menentukan barang yang dijual, anda selanjutnya mengupload photo barang yang dijual ke Website. Untuk permulaan anda bisa menggunakan blog gratisan seperti blogspot.com, wordpress.com, facebook, instagram, situs jual beli seperti http://sijubel.com.  Situs http://sijubel.com selain gratis, juga menyediakan fitur yang membuat anda mudah mengupload jualan secara onlien sperti login dengna menggunakan media sosial.

#5. Buat rekening Bank

Untuk menerima pembayaran anda harus memiliki rekening Bank, karena pembayaran akan ditransfer ke rekening Bank anda.  Jadi berikan si pembeli nomer rekening bank anda, dan pemeli akan mentrasnfer ke rekening bank anda.

#6. Cari Jasa Kurir dekat dengan Anda

Setelah anda menerima pembayaran maka saatnya anda mengirimkan barangg yang dibeli oleh pembeli. Untuk pengiriman barang anda bisa menggunakan jasa TIKI, JNE, atau Kantor POS.

#7. Layani pertanyaan Customer dengan Ramah

Customer atau calon pembeli sebelum memutuskan untuk membeli barang-barang anda, mereka akan banyak bertanya atau bertanya beberapa hal atau tidak bertanya sama sekali. Jika mereka bertanya – tanya tentang detail barang yang anda jual, jelaskan secara detail dan jujur apa adanya tentang barang itu dan jangan kesel kalau mereka banyak bertanya.

 

Demikianlah artikel tentang bisnis online mulai dengan jualan online.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

LEAVE A REPLY